15 Hal yang Ditabukan saat Imlek

Parade Imlek

Perayaan hari raya Imlek sudah semakin dekat. Imlek Tahun ini jatuh pada  8 Februari 2016. Imlek Tahun ini merupakan tahun Shio Monyet. Tentunya bagi anda yang merayakan Tahun Baru Imlek ini sering mendengar hal-hal yang tidak boleh dilakukan atau tabu untuk dilakukan pada hari tersebut. Berikut 15 halyang ditabukan saat Perayaan Imlek

  1. Obat : meminum obat pada hari pertama Imlek memiliki mitos akan menyebabkan seseorang mengalami sakit-sakitan sepanjang tahun
  2. Sarapan Pagi : Sarapan pagi pada hari pertama Imlek tidak boleh memakan Bubur, Karena bubur di Tiongkok dikategorikan sebagai makanan orang miskin. Mitosnya sepanjang tahun kita memulai hari dengan sesuatu yang buruk
  3. Mencuci Pakaian : Mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua Imlek merupakan hal tabu, dikarenakan 2 hari ini merupakan hari ulang tahun dewa air.
  4. Mencuci Rambut : Tentunya kita merasa risih apabila tidak mencuci rambut, namun hal ini menjadi salah satu hal tabu yang sering kita dengar, karena pada bahasa Tiongkok penyebutan kata Rambut (fa) berada dalam kata facai yang berarti “Sukses” dan mencuci rambut dimitoskan menghilangkan salah satu kesuksesan pada awal tahun.
  5. Benda tajam : penggunaan benda tajam ditabukan karena mitosnya benda tajam  adalah benda yang dapat mengurangi kesuksesan anda pada awal tahun. Benda tajam juga tidak boleh dihadiahkan kepada seseorang misalnya Jam yang memiliki unsur tajam, ataupun gunting.
  6. Berkencan : Seorang wanita ditabukan untuk keluar dari rumah, dan seorang wanita yang telah berkeluarga dilarang mengunjungi rumah dari orang tuan sang wanita, karena mitosnya akan membawa kesialan bagi orang tuanya.
  7. Sapu : Menyapu rumah pada hari Imlek, dimitoskan sebagai menyapu keluar kekayaan yang sudah ada pada rumah tersebut.
  8. Tangisan Anak : Tangisan seorang anak dipercayai membawa kesialan pada keluarga tersebut, jadi orang tuan harus benar-benar menjaga anaknya supaya tetap bahagia
  9. Pencurian : Jika kecurian maka dimitoskan kekayaan kita sepanjang tahun juga akan di curi.
  10. Hutang : Uang tidak diperbolehkan untuk dipinjamkan, dan semua hutang harus dibayar sebelum tahun baru datang. Hal ini dimitoskan akan membawa kesialan sepanjang tahun.
  11. Tempat nasi yang kosong : Tempat nasi tidak boleh dibiarkan kosong, karena dimitoskan akan membawa kemiskinan pada tahun baru imlek.
  12. Baju yang rusak : Umumnya orang membeli baju baru dan memakainya di imlek untuk menghindari mitos ini, mitosnya baju yang rusak akan membawa kesialan bagi pemakainya sepanjang tahun.
  13. Darah : membunuh sesuatu untuk dimakan, ataupun terluka karena benda tajam adalah di larang pada saat imlek, karena Darah melambangkan hal tidak baik pada saat imlek.
  14. Warna Pakaian : Warna pakaian yang dipakai pada hari imlek tidak boleh Hitam ataupun putih, karena kedua warna ini dilambangkan sebagai warna berkabung
  15. Menunggu Datangnya Tahun Baru : Menurut adatnya kita harus menunggu saat imlek datang, tepatnya tengah malam, kemudian menyalakan kembang api. Dimitoskan kembang api dapat mengusir roh-roh jahat dan monster yang datang pada saat tahun baru.

Inilah 15 Hal yang ditabukan pada saat perayaan Imlek, Walaupun banyak dari Orang tua yang masih mempercayai hal-hal diatas, harus diingat bahwa semua hal diatas tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Hal mitos kembali kepada pribadi masing-masing untuk percaya atau tidak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s